#notetomyself

Apakah arti sebuah masa lalu? Sesuatu yang sangat dekat tapi boleh jadi juga sangat jauh. Satu detik yang lalu adalah sangat dekat tapi juga sangat jauh karena tidak bisa diraih kembali.
Lalu apakah arti berdamai dengan masa lalu? Apakah dengan melupakannya? Melanjutkan hidup seolah semua tidak pernah terjadi? Rasanya bukan. Karena semakin dilupakan maka masa lalu akan semakin kuat mencengkram pikiran dan hati. Berlalu lalang tiada henti. Beruntung jika masa lalu itu adalah sesuatu yang indah. Bagaimana jika sebaliknya? Melupakan adalah jalan tapi bukan jalan terbaik.
Lalu bagaimana jalan terbaik berdamai dengan masa lalu? Jika itu menyangkut orang lain, berbicaralah dengan orang tersebut, menyelesaikan kesalahpahaman, mencoba bersama mencari jalan keluar. Ini sulit, tapi jika tidak dilakukan masa lalu itu akan terus menghantui setiap kita mengingatnya. Jika itu menyangkut perasaan sendiri, pemikiran sendiri, maka bicaralah dengan hati kita, mencoba mencari jalan keluar, mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Ini sulit, tapi jika tidak dilakukan masa lalu itu akan terus menghantui setiap kita mengingatnya.
Maka dari itu, yuk hati mari kita berdamai dengan masa lalu :)

0 komentar:

Posting Komentar